Thu, Aug 22 2019 – 4.11 pm

Tips Mengikuti Prosesi Interview

TIPS MENGIKUTI PROSESI INTERVIEW

Saat ini pasti kita berfikir dengan susah bagaimana caranya menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Interviewer agar mereka terkesan dengan kita. Interviewer biasanya memiliki pertanyaan – pertanyaan yang menjebak untuk melihat kemampuan menjawab dan nalar dari calon kandidat. Interviewer dalam beberapa kasus menjadi beberapa tahap, ada interview dengan tim HR (Human Resource), User, atau bisa langsung ke direksi yang bersangkutan. Bagaimana caranya untuk bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan yang dapat dikategorikan menjebak? Yuk simak artikel ini.

Pertama, interviewer akan memanggil calon kandidat melalui telefon, e-mail, atau secara lumrahnya via WhatsApp. Biasanya ketika lewat telefon terdapat beberapa pertanyaan yang dikeluarkan interviewer untuk membayangkan seperti apa calon kandidat tersebut ketika bertatap muka. Ketika sudah bertatap muka, bagi calon kandidat biasanya akan dipersilahkan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum prosesi tanya – jawab.

Kedua, prosesi tanya – jawab dimulai dan interviewer akan melihat CV atau resume yang dimiliki calon kandidat. Biasanya yang akan ditanya tentang pendidikan terakhir, pengalaman kerja atau magang jika ada, serta organisasi apa saja yang pernah di ikuti. Kandidat cukup menceritakan pengalaman sesuai yang tertera di resume saja dan tidak perlu berbohong karena hal tersebut dapat menentukan impresi dari interviewer kepada kandidat

Ketiga, selama proses tanya – jawab kandidat tidak boleh terlihat tegang, walaupun memang meneggangkan apalagi bagi yang baru pertama kali mengikuti proses interview. Ketika kalian terlihat tegang, interviewer dapat mememberikan penilaian objektif seperti bisa berbohong, tidak bisa menerima tekanan, dan tidak memiliki kesiapan. Oleh karena itu ketika sedang melaksanakan prosesi interview buatlah diri kita menjadi senyaman mungkin, sarapan sebelum berangkat, menggunakan pakaian yang rapi dan nyaman, posisi duduk dibuat senyaman mungkin, dan yang terpenting menyiapkan jawaban yang sekiranya akan terlontar dari interviewer.

Bagian terakhir dan paling penting adalah jangan lupa berdoa, karena selain menyiapkan mental kita juga tidak boleh melewatkan berdoa agar semua proses berjalan dengan lancar. - FRU, 2019