Thu, Aug 29 2019 – 12.17 pm

Tips Membuat CV

TIPS MEMBUAT CV

CV (Curriculum Vitae) biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan karena sebagai salah satu hal wajib yang disiapkan oleh pelamar. CV biasanya berisi tentang biodata diri pelamar, rekam jejak pendidikan, pengalaman yang pernah dilakukan baik dalam organisasi internal atau ekstenal, hingga pengalaman bekerja dapat dimasukkan kedalam CV. Zaman sekarang CV mempunyai banyak sekali jenis tampilan yang memanjakan mata, simpel dalam pembuatannya, dan menarik untuk dibaca, namun ada beberapa hal yang pelamar lupakan ketika membuat CV, mari kita simak ulasannya.

CV lumrahnya dibuat untuk melamar pekerjaan dan dibaca oleh tim HRD. CV yang berisikan pengalaman hidup seharusnya menarik dan mudah dibaca oleh tim HRD, apalagi pelamar mengirimnya ke perusahaan yang di impikannya. CV adalah representatif diri kita sewaktu tim HRD melakukan review, karena dapat dilihat dari bobot isi CV yang dicantumkan oleh pelamar, foto yang digunakan, dan bagaimana pelamar mengemas CVnya semenarik dan sesimpel mungkin. Zaman sekarang juga CV memang bervariasi, dari segi tampilan visual, konten yang diberikan, serta penggunaan pas foto yang sekarang sudah banyak yang menampilkan tema bebas asal rapih dan sopan.

Tim HRD akan lebih mempertimbangkan CV pelamar yang memang dibuat secara bagus, isi yang dimaksud seperti pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pengalaman pendidikan terisi secara lengkap dan tidak kurang. Tim HRD tidak akan terlalu melihat CV dari pelamar yang tidak lengkap, penjelasan poin penting kurang, dan yang paling tidak sopan hanyalah mengirimkan CV hanya menulis di kertas folio.

Alangkah baiknya kita sebagai pelamar mengetahui seberapa pentingnya mengerjakan CV dengan baik dan sungguh – sungguh. CV yang baik dapat membantu kita sebagai pelamar agar menarik perhatian tim HRD, tetapi kita juga harus berdoa dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan yang kita inginkan. – FRU, 2019